GETHUK PISANG KHAS KEDIRI

Siapa sih orang Kediri yang belum pernah mencoba getuk pisang? pasti semua sudah pernah. makanan berasa manis legit dengan rasa asam khas pisang di setiap gigitannya membuat semua orang ketagihan dengan rasanya. Gethuk pisang adalah makanan alami, tanpa tambahan zat apapun, termasuk gula dan bahan pengawet. Oleh karena itu, gethuk pisang hanya bisa bertahan selama dua hari pada suhu kamar atau sekitar empat hari jika disimpan di dalam lemari pendingin. Gethuk pisang ini nikmat dinikmati selagi hangat, namun tidak kalah sedap disantap ketika sudah beranjak dingin. 

Getuk pisang merupakan salah satu aset kuliner Kediri yang dari dahulu sudah ada. Meskipun belum diketahui mengenai asal-usul si manis dari Kediri ini, namun tradisi pembuatan dan pengolahan gethuk pisang diyakini sudah berlangsung secara turun-temurun dan diwariskan lintas generasi. Konon, gethuk pisang ini sudah populer sejak zaman Kerajaan Kadiri dan menjadi makanan kesukaan Dewi Sekartaji, putri dari Kerajaan Jenggala (pecahan dari Kerajaan Kadiri). Bahkan menurut mitos, karena saking lezatnya, para dewa di khayangan sampai rela turun ke bumi hanya untuk mencicipi gethuk pisang buatan rakyat Kerajaan Kadiri.

Di Kediri banyak toko jajanan atau oleh-oleh yang menjajakan getuk pisang seperti di sepanjang Jalan Yos Sudarso dan Jalan Pattimura, Kota Kediri, dan sentra penjualan makanan khas Kota Kediri lainnya dengan harga per buah getuk pisang sekitar Rp 3000; sampai Rp 6000. Selain itu banyak juga industri rumahan yang secara khusus menerima pesanan getuk pisang. Salah satunya adalah Ibu Napsiyah. Beliau sudah puluhan tahun membuat getuk pisang. Getuk pisang buatan ibu Napsiyah ini bisa kita temui di Desa Petok, Kecamatan Mojo, Kabupaten Kediri. Sedikit pertimbangan bagi pembaca yang ingin membeli getuk pisang. Pertimbangkan masa bertahannya getuk pisang yang hanya dua hari. Bila rumah anda terlalu jauh menikmati getuk pisang di tempat-tempat wisata Kota Kediri tak kalah nikmatnya. So, mari berkunjung ke Kota Kediri dan cicipi semua makanannya. ^^


0 komentar:

Posting Komentar