EMPING JAGUNG GABRU GURIH


Berdasarkan penelitian tanaman jagung berasal dari Meksiko Amerika Tengah. Tanaman ini biasanya ditanam pada musim kemarau karena tanaman ini tidak banyak membutuhkan air, layaknya tanaman padi. Umur tanaman jagung biasanya berkisar antara 90 – 150 hari. Sebagai sumber karbohidrat utama, jagung banyak digunakan sebagai makanan pokok di berbagai negara seperti halnya Indonesia. Selain sebagai makanan pokok jagung juga banyak diolah menjadi minyak, tepung maizena maupun sebagai camilan / snack.
Salah satu olahan dari jagung adalah emping jagung. Olahan jajanan khas Kediri yang gurih renyah dan garing primadona dari desa Gabru kecamatan Gurah  juga dikenal dengan sebutan marning jagung atau jagung gepeng.
Cara Pembuatan Emping Jagung
Pertama, biji jagung dipisahkan dari bonggolnya,
Kedua, biji biji jagung itu kemudian direbus untuk dipisahkan dari kulit arinya, 
Ketiga, setelah melalui proses perebusan lalu jagung ditiriskan dan ditumbuk hingga halus.
Keempat,  jagung yang telah ditumbuk tersebut diberi bumbu tambahan antara lain garam dan bawang putih agar rasanya bisa lebih gurih dan enak,
Kelima, jagung dicetak bundar kecil-kecil sebesar koin,
Keenam, proses penjemuran jagung yang telah dicetak tersebut untuk menghilangkan kadar air yang ada dan hasil cetakan jagung agar lebih menyatu.
Ketujuh, emping jagung digoreng hingga kering dan mengembang.
Kedelapan, untuk menambah variasi rasa emping jagung ini, bisa ditambahkan diantaranya bumbu pedas manis yang dibuat dari campuran gula, cabe, dan garam untuk membuat rasanya lebih lezat lagi.


Makanan renyah khas Kediri ini bisa anda temui di desa Gabru kecamatan Gurah. Bagi anda yang berkunjung ke Kediri bakal menyesal kalau gak coba emping jagung nan gurih ini.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

nomer hp nya kak yang bisa dihubungi untuk area kediri alamat nya dimana biar bisa dihubungi

Anonim mengatakan...

Stainless Steel Magnets - titanium arts
Ironing the Stainless Steel Magnets (4-Pack). 사설 토토 사이트 Made in goyangfc Germany. The Titanium Arts Stainless Steel Magnets are an alloy made of titanium earrings steel in kadangpintar stainless steel

Posting Komentar