SAMBAL TUMPANG

Sambal tumpang, makanan ini merupakan menu wajib yang harus dicicipi oleh anda yang sedang berkunjung di kediri. Jenis sambal yang satu ini terbuat dari tempe busuk (ngeri ya..) tenang saja tempe busuk yang dimaksud adalah tempe yang mengalami fermentasi lebih lama daripada tempe biasa yang dikonsumsi. Tapi orang kediri biasa menyebutnya tempe busuk. Konon Tempe untuk sambal tumpang kalau bukan tempe kediri tidak bisa. Entah kenapa hal ini bisa terjadi mungkin raginya berbeda.
Nasi tumpang atau sering disebut sambal tumpang ini ada dua jenis. Pertama tumpang biasa yang menggunakan tempe “busuk” biasanya kuahnya tidak terlalu kental dan ada bulir tempenya, aroma sedapnya sudah tercium dari jarak beberapa meter.  Dan jenis kedua adalah sambal tumpang yang kental, biasanya ditambahkan tepung tapioka untuk pengentalnya.
            Penyajian sambal tumpang biasanya terdiri dari nasi putih, sayur rebus (seperti daun pepaya, daun kenikir, nangka muda, pepaya muda, kacang panjang, dsbnya), serta rempeyek. Terkadang pada warung tertentu satu porsi sambal tumpang dilengkapi lauk tahu, tempe, telur puyuh, sambal goreng, dan juga mi goreng. Tidak usah khawatir anda bisa memilih sendiri lauk yang anda inginkan.

            Warung sambal tumpang yang buka pagi sehabis subuh dan malam hari ini biasanya tidak hanya menjajakan sambal tumpang, mereka juga menyediakan sambal pecel. Bila anda membeli sambal tumpang biasanya ibu-ibu penjualnya akan bertanya “mau tumpang pecel apa tumpang saja mas/mbak?” hal inilah yang berbeda dari penjual makanan biasa. Penjual tumpang cenderung ramah dalam melayani pembeli dagangannya.

            Anda yang ingin segera merasakan nikmatnya sambal tumpang tidak usah bingung, khawatir sampai galau kemana harus membeli makanan nikmat ini. Langsung saja datang ke Kediri dan hampir pada setiap desa di Kediri terdapat penjual sambal tumpang. Anda juga tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam karena satu porsi sambal tumpang lengkap hanya mulai dari Rp 3.000;. So, mari berkunjung ke Kediri dan rasakan nikmatnya sambal tumpang. ^^

0 komentar:

Posting Komentar